Tahukah Anda bahwa kurang lebih 600 ribu orang meninggal akibat rokok setiap tahunnya? Fakta tersebut didukung oleh penelitian yang dilakukan baru-baru ini yang menyimpulkan bahwa 1 % dari seluruh kematian di dunia adalah kematian para perokok pasif.

Para peneliti memperkirakan kematian para perokok pasif sejumlah 379 ribu kematian akibat serangan jantung, 165 ribu kematian akibat sesak nafas, 36.900 kematian akibat asma dan 21.400 kematian akibat kanker paru-paru.

Para peneliti juga memperkirakan sebanyak 165 ribu anak meninggal karena menghirup asap rokok.

“Fakta perokok pasif ini membantu pemahaman kita terhadap bencana sesungguhnya dari tembakau,” ucap Armando Peruga, ketua peneliti dari World Health Organization. Armando menambahkan bahwa perkiraan 605 ribu kematian perokok pasif juga harus ditambahkan dengan 5,1 juta kematian yang disebabkan oleh rokok.

Sebuah penelitian menemukan bahwa 40% anak-anak dan 30% orang dewasa secara teratur adalah perokok pasif. Ditambah lagi,sekitar 46 ribu kematian perokok pasif di dunia diakibatkan oleh serangan jantung.

Health Department Commisioner, Thomas Farley, menyatakan bahwa 7.500 penduduk yang berusia sekitar 35 tahun meninggal karena rokok dalam kurun tahun 2009, angka tersebut adalah 14% dari jumlah kematian di kota.

Sedangkan. Departemen Kesehatan menyatakan ada sekitar 1 juta perokok aktif di kota besar, termasuk 18 ribu siswa sekolah menengah atas. Bisa dibayangkan berapa banyak kepulan asap jika seluruh perokok dikumpulkan jadi satu bukan? Dan terlebih lagi, berapa banyak jumlah angka kematian yang akan terus meningkat.

Jadi, berhentilah merokok untuk membantu mengurangi jumlah kematian setiap tahunnya. Bukan hanya untuk Anda, tetapi untuk orang-orang di sekitar yang Anda cintai. Say goodbye to cigarettes. (kpl/ICH)